PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA JARING-JARING

Authors

  • Hosnan MTs Negeri 2 jember
  • Arif Setyo Purnomo MTs Negeri 2 jember

Keywords:

Pemahaman Konsep, Bangun Ruang Sisi Datar, Jaring-Jaring, Understanding Concepts, Constructing Flat Sided Spaces, Nets

Abstract

Penguasaan siswa terhadap bangun ruang sisi datar masih kurang. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran. Selama ini, guru mengajar hanya menekankan pada penguasaan konsep yang mengacu pada hafalan belaka, mereka hanya dapat berhitung dan menghafal rumus, akan tetapi tidak dapat menjelaskannya dari mana rumus tersebut diperoleh. Konsep merupakan hal yang sangat penting, namun bukan terletak pada konsep itu sendiri, tetapi terletak pada bagaimana sikap, keputusan dan cara-cara memecahkan masalah dengan pemahaman konsep yang tidak sekedar mengandalkan hafalan, terutama dalam memecahkan masalah terkait dengan luas permukaan suatu bangun ruang sisi datar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah salah satunya dengan menggunakan alat peraga jaring-jaring. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Siklus 1 dilakukan tanpa menggunakan jaring-jaring. Siklus 2 dan 3 menggunakan jaring-jaring. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasan siswa dalam memahami konsep luas permukaan bangun ruang sis datar. Peneliatian ini dilaksanakan di kelas VIIIG MTsN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil capain indikator pemahaman konsep dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 218,48%, dan dari siklus 2 ke siklus 3 sebesar 43,68%.

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Bangun Ruang Sisi Datar, Jaring-Jaring.

 

Students' mastery of flat side shapes is still lacking. One reason is the use of learning methods. So far, teaching teachers only emphasize mastery of concepts that refer to mere memorization, they can only count and memorize formulas, but cannot explain where the formulas were obtained. The concept is very important, but it does not lie in the concept itself, but lies in how attitudes, decisions and ways of solving problems with an understanding of concepts that don't just rely on memorization, especially in solving problems related to the surface area of ​​a flat side shape . To overcome this problem is one of them by using net props. The research was conducted in 3 cycles. Cycle 1 was carried out without using nets. Cycles 2 and 3 use nets. This study aims to improve students' mastery in understanding the concept of the surface area of ​​a flat sis shape. This research was carried out in class VIIIG MTsN 2 Jember for the 2022/2023 academic year with a total of 34 students. Data collection techniques used observation, tests and documentation. Data were analyzed descriptively qualitatively using the flow method which consisted of data reduction, data presentation and conclusions. The results showed that there was an increase in the achievement indicators for understanding the concept from cycle 1 to cycle 2 by 218.48%, and from cycle 2 to cycle 3 by 43.68%..

Keywords: Understanding Concepts, Constructing Flat Sided Spaces, Nets.

 

References

Asmin. 2001. Hakikat Matematika. (www. depdikna. go.id 2001:1). Diakses tanggal 12 Mei 2023.

Faizal:2010 dalam http://nawawielfatru.blogspot.com/2009/05/keaktifan belajar. Diakses tanggal 12 Mei 2023.

Hasriani. 2021. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jaring-Jaring Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Siswakelas V Pada Materi Bangun Ruang Disdn Pulau Rinca”. https://repository.ummat.ac.id/2174/1/COVER-BAB%20III.pdf

Karunia, E.P & Mulyono. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Berdasarkan Gaya Belajar dalam Model Knisley. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2017. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21610

Raharjo,,M & seiawan, A. 2019. Buku Paket Matematika Kelas 8. Jakarta: Erlangga

Muhammad Fairuzubudi. 2011. Pengertian Dan Tujuan Alat Peraga Pendidikan, (http://fairuzelsaid.wordpress.com/2011/05/24/ pengertian-dan-tujuan-alatperaga-pendidikan/), diakses tanggal 12 Mei 2023)

Nadianti, R. 2018. “Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dengan NHT Dalam Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa SMP Negeri 4 Prabumulih”. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika Universiatas Negeri Malang. Vol 2(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1659

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Downloads

Published

01-09-2023

How to Cite

Hosnan, & Arif Setyo Purnomo. (2023). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA JARING-JARING . Literasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah, 1(2), 353–368. Retrieved from https://literasi.mtsn2jember.sch.id/index.php/ltr/article/view/26