PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM BENTUK BROSUR DITINJAU DARI ASPEK KELAYAKAN ISI
Keywords:
LKS, integrated IPA brochure, proper contentAbstract
LKS Brosur IPA terpadu sebagai bahan ajar di SMP ditinjau dari aspek kelayakan isi. Adapun tujuan dari kajian tersebut ialah untuk mendeskripsikan kelayakan isi (kesesuaian materi, keakuratan materi, materi pendukung pembelajaran, dan kemutakhiran materi) pada bahan ajar brosur IPA terpadu. Tulisan ini merupakan hasil kajian yang dilakukan melalui kajian pustaka dan literatur yang relevan serta melakukan penelitian uji coba langsung pada siswa. untuk kemudian di analisis sehingga memperoleh standar kelayakan isi yang sesuai dalam mengembangkan suatu bahan ajar IPA Terpadu. Dari hasil kajian dapat disimpulkan bahwa. Kelayakan isi meliputi alignment dengan SK dan KD mata pelajaran, alignment dengan perkembangan anak dan kebutuhan masyarakat, substansi keilmuan dan life skills, wawasan untuk maju dan berkembang, serta keberagaman nilai-nilai sosial, dilihat dari validasi logic memiliki kategori valid. Jika dilihat dari validasi empirik melalui uji pengembangan peningkatan hasil belajar siswa, termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, maka isi LKS dalam bentuk brosur yang dikembangkan layak untuk digunakan.
References
Anggraeni, R. et.al. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pendidikan Fisika, Universitas Jember
Aqli, M. S., Kusuma, M. R. T., & Fajriyanto, D. G. (2023). Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. Jurnal Penelitian Sistem Informasi, 1(2), 01-17.
Aqli, M. S., Masruroh, D. R., & Malihati, F. (2022). PENGELOLAAN KONFLIK STUDI KASUS KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER. Al Fuadiy: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 4(2), 01-10.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. (Online). (http//:www.depdiknas.co.id, diakses pada 14 Agustus 2015)
Dharmasraya, P. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. (Online), (http://www.dikmenum.go.id/dataapp/kurikulum/4.%20 perangkat%20pembelajaran%20ktsp%20sma/05.%20pen gembangan%20bahan%20ajar/panduan%20pemgembang an%20bahan%20ajar. diakses tanggal 25 April 2015).
Hersandi dan Mahardika. (2015). Brosur IPA Terpadu Sebagai Bahan Ajar di SMP ditinjau dari Aspek Kegrafikaannya. Revormasi Pendidikan dalam Menghadapi ASEAN Economic Community (EAC). Jember: Universitas Jember.
Jogjakarta: DIVA Press.
Lukito, D. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Berbasis Literasi Sains Bertema Perpindahan Kalor Dalam Kehidupan. Unnes Physics Education Journal 4 (3) (2015). ISSN 2252-6935
Mahardika, I. 2012. Representasi Mekanika Dalam Pembahasan: Sebuah Teori Dan Hasil Penelitian Pengembangan Bahan Ajar Mekanika. Jember: University Press
Nofrial. 2014. Pengaruh Brosur Terhadap Penguasaan Materi dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik. Volume 3, Nomor 3 (2014)
Pernando, F. 2015. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Brosur Terhada Penguasaan Materi Kingdom Plantae Oleh Siswa. Jurnal Bioterdidik. Volume 3 Nomor 4 (2015)
Prastowo, A. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Saidah, S. R. (2023). STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 02 CAKRU KENCONG-JEMBER. AL-IDRISY: Jurnal Pendidikan dan Kajian Islam, 1(1), 88-114.
Supriyadi. 2013. Permasalahan yang dihadapi Guru dalam Pengembangan Kompetensi dan Life-skill Siswa SMP Negeri Se-Kota Gorontalo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Wahrudin, B. (2023). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL QUR’AN DAN HADITS. AL-IDRISY: Jurnal Pendidikan dan Kajian Islam, 1(1), 1-28.
Winulyo, J. M., Aziz, A., & Rahman, P. (2023). MENEJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SDN SUKABUMI 2 KOTA PROBOLINGGO. AL-IDRISY: Jurnal Pendidikan dan Kajian Islam, 1(1), 29-49.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Literasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.